Saturday, May 11, 2013

Test: Silabus, RPP, Bahan ajar untuk Guru Bahasa Inggris SMP


Test: Silabus, RPP, Bahan ajar untuk Guru Bahasa Inggris SMP

                   
I. 1. Komponen RPP adalah ………….
a.       ……………                 b ……………                        c……………
d ………………                e…………….
   2. RPP kepanjangan dari …………
   3. Satu RPP dapat dipakai untuk beberapa kali pertemuan.
      a.Ya                       b. tidak
   4. Komponen-komponen silabus apa saja yang langsung
      dapat dipindahkan ke RPP?
a.       ……………
b.      ……………
c.       ……………
  5. Materi bahan ajar perlu digradasi dari yang mudah ke yang sulit
      a. ya                        b.tidak
  6. Teks tindak tutur transaksional dan interpersonal termasuk dalam teks
      monolog.
      a. ya                        b. tidak
  7. Teks transaksional dan interpersonal berbentuk bahasa tulis
      a. ya                        b. tidak
  8. Short functional text dapat berbentuk lisan dan tulis
      a. ya                         b. tidak
  9. Teks deskriptif dapat berbentuk lisan maupun tulis
      a. ya                         b. tidak
  10. Jenis teks monolog yang diajarkan di SMP adalah …..
      a. …………………..      b. …………………..         c……………………                    
      d. …………………..      e…………………..                    
  11. Tujuan komunikatif teks deskriptif
        …………………..
  12. Tujuan komunikatif teks naratif
        ………………………
  13. Komponen text structure dari teks deskriptif adalah
a.       …………….                  b…………….
  14. Komponen text structure dari teks procedure
       a ……………….                 b………………        c.………………
  15. Pembelajaran kosakata dan tatabahasa masih perlu
       a. ya                        b. tidak    
  16. Pembelajaran pronunciation dan intonation penting
        a  ya                         b. tidak
  17. Pembelajaran spelling dan punctuation perlu diberikan
        a. ya                         b. tidak
  18. “memahami” merupakan kata kerja operasional
       a. ya                         b. tidak
  19. Contoh kata kerja operasional adalah ……
       a. …………………..    c. ……………….
       b. …………………..    d. ……………….
20. Kegiatan pembelajaran perlu memakai berbagai metode, strategi dan teknik
      a. ya                                b. tidak
21. Langkah-langkah dalam RPP minimal memiliki tiga tahap, yaitu …
  1. ……………………….
  2. ………………………
  3. ……………………….
22. Empat tahap dalam pembelajaran adalah ….
  1. …………………………..        b ………………………….
c…………………………..            d………………………..
23. Dua siklus dalam pembelajaran Bahasa Inggris adalah ……
  1. ………………….        b………………….
24. Jenis-jenis teks yang diajarkan dalam KTSP Bahasa Inggris di SMP selain
      monolog atau esai adalah
  1. ………………….
  2. …………………
  3. …………………
 25. Song, games, riddle, cross-word puzzle, fun-page masih diperlukan dalam
       pembelajaran bahasa Inggris di SMP
       a. ya                          b. tidak
26. Penilaian listening dan speaking bisa dengan tes unjuk kerja
       a. ya                          b. tidak
27. Penilaian listening bisa dengan tes tulis
       a. ya                          b. tidak
28. Buku teks perlu dipetakan dan disesuaikan dengan kurikulum dan kebutuhan
      pembelajar
      a. ya                           b. tidak
29. Kegiatan pembelajaran seharusnya terfokus pada guru
      a. ya                           b. tidak
30. Bahan ajar selalu berbentuk buku teks
      a. ya                           b. tidak
31. Dalam Kurikulum Berbasis  Kompetensi (KBK) tema-tema tidak diperlukan
      a. ya                           b. tidak 
  
II. Tugas kelompok di kelas
     1.  Buatkan  Pemetaan SK dan KD kelas VII semester II
     2. Buatkan silabus SK dan KD yang sudah terintegrasi (pilih sendiri)
     3. Buatkan RPP dari SK dan KD yang sudah terintegrasi dari silabus yang 
         telah anda susun sendiri lengkap dengan satu set bahan ajar dan exercises
         nya, serta seperangkat tes dan rubriknya


                                               Kunci                       

              Test :  Silabus, RPP, Bahan ajar
                           Guru-Guru Bahasa Inggris SMP
                              
                
    1. Tujuan, Langkah/kegiatan Pembelajaran, Metode, Bahan ajar, Penilaian
    2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
    3. ya
    4. SK, KD, Indikator
    5. ya
    6. tidak
    7. tidak
    8. ya
    9. ya
    10. Procedure, Descriptive, Recount, Narrative, Report.
    11. Untuk mendeskripsikan orang, benda, tempat
    12. Untuk menghibur
    13. Identification, description
    14. Goal, material, steps
    15. ya
    16. ya
    17. ya
    18. tidak
    19. menyebutkan, membedakan, melafalkan, merespon, dll
    20. ya
    21. Pendahuluan, inti, penutup
    22. BKOF, Modeling, JCOT, ICOT
    23. Lisan, tulis
    24. Transactional, interpersonal, short functional text
    25. ya
    26. ya
    27. ya
    28. ya
    29. tidak
    30. tidak
    31. tidak       

No comments:

Post a Comment