Batu ginjal ukuran 2.7cm dan operasi bedah

Ok, kali ini saya akan share pengalaman pribadi saya tentang penyakit batu ginjal yang saya alami. Perlu diketahui umur saya saat ini (saat mengalami batu ginjal ini) 26 tahun, tinggi 170cm, berat badan 76kg dengan batu ginjal sebesar 2.7cm. Ok, please read carefully, and I hope it'll be fruitful for you or your family.
Sebelumnya, saya menderita flu selama seminggu dan belum sembuh juga. Akhirnya, saya putuskan untuk membeli obat flunagen atas rekomendasi apoteker. Alhasil, flu saya mereda dan pada  akhirnya gejala mulai terlihat pada 7 maret 2015 hari Sabtu setelah mengantar bimbingan tesis istri di Unnes and nothing went wrong. Saya ke toilet unnes untuk buang air kecil, urine/air kencing saya bewarna merah. Setelah keluar dari kamar mandi, badan terasa lemas, dan kami bergegas pulang. Saya mengadu pada siapun yg saya kenal termasuk istri, orang tua & mertua (karena saya tahu yg namanya orang yang lebih tua pasti lebih berpengalaman dan bisa memberi saran). Pada awalnya, kita mendiagnosa bahwa kencing darah disebabkan karena obat flunagen yang saya minum (sebelumnya saya minum demacolin untuk obat flu) dan sempat disalahkan karena saya dianggap ganti obat sembarangan dan merasa menyesal waktu itu karena sembarangan minum obat. Penderitaan dimulai saat maghrib, rasa nyeri di pinggang kanan mulai terasa, tapi belum terasa sakit sekali. Pukul 9 malam, saya mulai merasakan sakit yang luar biasa seperti ditusuk berkali2. Aaarggh,,, ingin teriak tapi percuma saja, istri setia memberikan support. Saya tidak tega melihat dia yang capek karena kelelahan bekerja dan sedang hamil. Saya minta dia tidur di kamar lain supaya tidak terganggu rintihan-rintihan sakitku (istilah sakit nyeri yang luar biasa diberi istilah kolik). Sakitnya luar biasa, guling kanan guling kiri, duduk, tengkurap, tidak bisa menghilangkan rasa sakit, dan tidak bisa menahan tetesan air mata dan serasa mau mati sampai jam 4 pagi, real pain. Akhirnya, saya menelpon Bapak saya di kampung/ Berkat kata-kata dan doanya, subhnallah, saya bisa tidur dan hilang rasa sakitnya sehingga saya bisa tertidur setelah Shubuh.

Siangnya, saya pergi ke rumah sakit, cek USG, ternyata ada batu sekitar 2.5cm. Kata dokter, saya harus dioperasi. Akhirnya, kami pulang. Banyak saran terkait batu ginjal dari keluarga maupun teman-teman. Ada yang menyarankan untuk pakai batugin, enatin (obat dari cina), kumis kucing, keji beling, biji alpukat, bahkan supranatural. Dari pihak keluarga sendiri, mereka belum setuju tindakan operasi di samping ada efek yang tidak bagus, biayanya juga tidak murah (sekitar 15jt lebih). Waktu itu, BPJS adalah hal yang baru dan punya saya belum jadi. Kami sekeluarga musyawarah dan saya disuruh membuat BPJS. BPJS dapat difungsikan seminggu setelah pembuatan. Om saya yg sekaligus dr. Umum di Pekalongan menyarankan plan A untuk berobat di rumah herbal jamu nasional milik pemerintah di Tawangmangu, Solo yang katanya recommended.
Dari Tawangmangu, Solo, saya mendapat ramuan jamu seduh yang berisi keji beling, kumis kucing, alang-alang, dll dengan cara diminum 3x sehari selama sebulan. Selama pengobatan, 7 hari kencing darah sudah menjadi normal kembali dan rasa nyeri agak sedikit berkurang. Then, sebulan telah berlalu dan jamu sudah habis. Saya periksa lagi ke RS untuk mengecek batu di dalam tubuh dengan opsi jika batu hilang atau berkurang signifikan saya akan melanjutkan kontrol ke Tawangmangu, tapi jika sebaliknya, maka saya akan lanjutkan plan B yaitu operasi. Dan benar, setelah tes ulang, batu masih berukuran 2.3 cm dan hasil dari foto rontgen 2.7 cm (catatan, hasil ukuran batu ginjal lebih akurat dan dapat diketahui bentuk batunya). Akhirnya saya dan keluarga putuskan untuk melakukan plan B yaitu operasi.
Setelah konsultasi dengan dokter, memang batu ukuran di atas 2 cm harus dibedah karena jika digunakan operasi laser/tembak, maka membutuhkan waktu berkali-kali operasi dan serpisahan bisa menyangkut di mana-mana. Akhirnya, saya memilih di RS swasta di jl. Citarum Semarang dengan menggunakan BPJS, sebelumnya saya tes USG, darah, dan foto rontgen gratis menggunakan BPJS senilai 700rb. Tapi untuk pemilihan kelas kamar opname, harus di kelas utama atau VIP dengan biaya kamar kurang lebih 600rb dan visit dokter 150rb. Untuk kalkulsi biaya operasi sekitar 15juta, dan harus DP minimal 50%. Meskipun mempunyai BPJS, Saya nitip / DP 8juta dengan catatan apabila sisa uang kembali atau ada kelebihan saya harus nombok. Ketentuan waktu sehari sebelum operasi dan 4 hari setelah operasi jadi total paling cuma 5 hari. Pelayanan di rumah sakit ini luar biasa, kebersihan, makanan yang enak serta ruangan kamar yang benar2 memuaskan jika dibandingkan dengan pengalaman saya menjenguk dan menunggu di ruang vip rumah sakit yang lain.




Saya mulai mondok dan harus bersabar menunggu penundaan jadwal operasi karena dokter yang salah jadwal dan sibuk sehingga harus mondok 2 hari sebelum operasi. Akhirnya, saat operasi pun tiba, mencoba tetap tenang tapi my body kept shivering karena AC-nya sangat dingin di ruang operasi. Berdoa dimulai dan dengan hitungan ke-3, bius total sudah membuatku tertidur lama. Saya membuka mata perlahan dan dokter berkata bahwa operasi sudah selesai jam 8 malam. Itu membuatku lega, tapi tiba2 sakit yang luar biasa datang setelah efek bius habis, saya harus menahan rasa sakit yg luar biasa pasca operasi sampai jam 11 malam. Setelah mendapat suntikan anti nyeri, saya tertidur. Terbangun pagi, saya tersadar dan asing dengan kateter (alat bantu kencing yg telah ter-instal di kelamin saya serta selang darah yg keluar dari pinggang kanan. Permasalahan baru tiba tiba muncul, perut terasa sakit karena tidak bisa kentut. Setelah beberapa treatment dengan suntikan usus pencernaan, akhirny saya melepaskan kentut pertama saya setelah 32.5 jam pasca operasi. Perlu diketahui, penyebab tidak bisa kentut karena usus masih tertidur setelah reaksi bius total. Hari ke-3 (kateter /saluran bntu buat kncing), saluran pmbuangan darah dari ginjal,  dan infus dilepas. Saya mulai latihan berjalan dan duduk kembali.


Untuk biaya operasi batu ginjal, sewa kamar VIP selama 1 minggu, dan lain2 membutuhkan dana sekitar 20jt. Dan untungnya, saya pny BPJS kelas 1 (waktu itu, biaya mandiri kelas 1=80rb, kelas 2=55rb, dan kelas 3=25rb). Kesimpulannya, sekitar 75 % dibiayai BPJS (25% bayar karena naik kelas). Alhamdulillah, saya sangat tertolong dengan itu, dan ada beberapa teman, keluarga,  dan rekan kerja saya di kantor ikut membatu memperingan kesulitan saya.
Finally, 2 minggu berjalan masih terasa sakit. Senang juga batu penyumbat sudah bisa diambil. Dokter berkata pada saya bahwa fungsi ginjal saya bisa dikatakan tidak normal lagi. Maka dari itu, saya akan perbaiki lifestyle saya seperti pola makan dan lebih menjaga pola makan dan minum. Jangan sampai gagal ginjal seperti yang dialami Abdee slank baru-baru ini, saya ikut berduka dan berdoa semoga diberi kekuatan dan kesembuhan serta kebahagian. Masalah usia tdak ada yg tahu Kecuali Allah. Tetapi kita harus tetap berusaha, percaya pada rukun iman yang ke-6, percaya pada Qada dan Qadar (takdir Allah). Saya berkata pada istriku "I'll live longer than normal people, I'll watch our children, I'll make you happy until the end". Hidup harus optimis, Rasul bersabda "bekerjalah seakan-akan kamu akan hidup selamanya dan beribadahlah seakan-akan kamu akan mati besok pagi". Semoga catatan ini bermanfaat buat saudara-saudara sekalian dan menjadi catatan amal.
Kesimpulan dan saran:
1. Jika mengalami rasa nyeri di bagian pinggang, segera periksa ke dokter.  Bisa jadi, Anda terkena batu ginjal. Segera ambil tindakan sebelum kondisi batu tambah membesar/ginjal membengkak karena penyumbatan.
2. Periksakan jika kencing agak sakit/berwarna darah langsung.
3. Konsumsi minum air putih yang banyak, kurangi minuman kemasan2 yang aneh atau jajan sembarangan di warung yang tidak bersih, es batu yang kotor, air keran, gorengan2, jeroan, daging2 yang bisa menyebabkan pengendapan dll
4. Jika Anda mengalaminya, Bismillah, sebut nama Tuhan, periksakan segera ke dokter, pasti sembuh, karena efek operasi batu ginjal yang menyebabkan kematian sangat kecil

103 comments:

  1. setelah operasi ada efek samping gak hingga sekarang mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum ada mbk, alhamdulillah saya sudah tidak menderita sakit nyeri lagi

      Delete
    2. Mas boleh saya tnya..masnya operasi bedah terbuka ya?

      Delete
  2. Mas... saya juga ada batu ginjal ukuran 2 cm. Kata nya ginjal saya bengkak. Di khawatirkan rusak. Apa mas juga sebelum operasi ginjalnya bengkak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali, kalau tidak segera dioperasi akan tambah membangkak dan dikhawatirkan gagal ginjal, bismillah mbk, insyaAllah atas izin Allah sembuh,, saya sudah melaluinya

      Delete
  3. Sampai bener2 pulih butuh waktu brp minggu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umumnya sekitar 1 bulan sudah sembuh mas ibnu, Sekitar 3 bulan rasa sakit di bekas operasi ilang.. dan kita mulai akan terbiasa..

      Delete
  4. apa fungsi ginjalnya jadi tidak normal lagi karena proses operasi mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy membantu menjawab
      Bukan karena proses operasi tapi karena batu ginjalnya itu sendiri justru krn operasi lah fungsi ginjalnya akan membaik krn operasi kan mengambil dari si batunya itu, ginjal salah satu organ dgn fungsi yg sgt besar ditubuh jd kalo ada sesuatu di ginjal maka proses2 metabolisme tubuh pasti terganggu, kalau soal kencing berwarna merah itu krn batu ginjal menempel pada epitel atau istilah awamnya adalah kulit bagian dalam dari ginjal shg kulit bagian dalam ginjal itu bergesekan dgn batu ginjal tsb shg ginjal mengalami iritasi lha itulah yg menyebabkan kencing berwarna merah krn darah.

      Delete
    2. Betul. Terima kasih atas bantuan jawabannya

      Delete
  5. Terima kasih banyak atas sharingnya mas Didit

    ReplyDelete
  6. Selamat sore pak didit. Kalau boleh tahu apakah batu ginjal bapak masih disimpan? Saya membutuhkan sampel batu ginjal untuk penelitian. Boleh minta email atau nomor telpon yang bisa dihubungi? Lokasi saya di semarang. Terimakasih pak

    ReplyDelete
  7. Mas..adik saya baru selesai operasi batu ginjal...dan telah pulang kerumah 3 hr, tapi kadang kadang dari bekas pembuangan darah masih keluar darah merembes dari perban sy khawatir sekali..apakah mas juga seperti itu...trims...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pasca operasi masih pipis merah karena bekas luka sayatan operasi di dalam belum kering, jadi sering sering saja minum air putih minimal aqua yang banyak mas purnama ^^ lekas sembuh ya

      Delete
  8. mas.... saya sekarang masih dirumah sakit... isteri saya ada batu ginjal di urater kanan dan staghon kiri, sekarang sudah 3 hari pasca operasi laser yang di urater kanan... sampai sekarang keteter masih berwarna merah dan belum di lepas... bahaya tidak ya?
    terus kata dokter batu yang di staghon kiri sebesar hampir 3cm dan akan dilakukan open atau operasi seperti mas setelah 2 bulan mendatang... bagaimana menurut mas.... apakah berbahaya atau tidak operasi tersebut? dan apakah berpengaruh tidak pada ginjal yang kanan yang saat ini pasca operasi laser...?
    terimakasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. lamgsung aja mas, kalau di tunda nanti malah merusak ginjal karena urin yang seharusnya lancar malah mengendap dan membuay ginjal bekerja lebih keras, bismillah.. wallahualam ^^ lekas sembuh ya mas istrinya

      Delete
    2. Tergantung ada tidaknya obstruksi atau keluhan mas, kalo warna kencingnya gak selalu merah pakai aja eswl , hindari operasi terbuka jika memungkinkan gunakan RIRS, atau PCNL. Saya kna batu staghorn eswl 2 x dibantu herbal tempuyung, alpukat kumis kucing alhamdulillah ginjal sudah bersih

      Delete
    3. Betul. Menyesuaikan kondisi masing2.

      Delete
  9. Replies
    1. awal 2015, saya pakai BPJS.. di rumah sakit swasta, bpjs kelas 1 pindah ke VIP , waktu itu bayarnya 18 juta jadi 3 juta.. sekarang, rumah sakit sudah tidak seperti dulu lagi dengan menggunakan bpjs, saya sarankan sesuai kelas saja bila kapasitas tidak sampai.. inshaAllah, la hawla walakuwwata.. inshaAllah sembuh ^^

      Delete
  10. Mas, operasi nya di RS mana? Risiko bedah terbuka apa ya,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. RS Panti Wilasa citarum, resiko sejauh ini tidak ada :)

      Delete
    2. Mas Didit di operasi nya berapa cm dan berapa jahitan selesai operasi nya..?? Boleh tolong info?

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  11. Mas Didit ukuran bekas jahitan operasi nya berapa jahitan??

    ReplyDelete
  12. Trimakasih infonya..saya skrang masih menunggu tindakandokter

    ReplyDelete
  13. Mas saya pengin konfirmasi.setelah operasi gmn keadaan mas skrang

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Info yang menarik mas, sy penderita batu ureter ukuran 1 cm, sudah 9 bulan sy pakai jamu dan alternatif, belum diberi kesembuhan oleh Alloh, jalan terakhir sy harus menempuh operasi. Mohon doanya semoga lancar... amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minta saran dokter untuk dilakukan terapi eswl...biasa org sebut tembak laser...saya sdh 2 kali..sebagian pecahan batu keluar melalui air seni h+1...

      Delete
    2. Amin mas, tetap berusaha yang terbaik..

      Delete
  16. Ass mas,hasil USG ukuran batu ginjal saya 0,6cm..Apakah harus operasi..Mohon saran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dicoba dulu pakai obat herbal dulu yang dijual di apotik, saran saya kalau misal batu masih belum keluar dan sudah teramat sakit, konsu;ltasikan ke dokter.. karena kalau lama dibiarkan bisa menyumbat jalur air kencing dan ginjal bisa membengkak

      Delete
  17. nggak perlu operasi, cukup minum kumis kucing saja atau batugin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya begitu mas , tapi setelah setengah tahun tidak bisa hancur dan semakin sakit.. tindakan yang paling tepat operasi

      Delete
  18. mau nanya klo batu ginjal nya 1,4 cm kira2 bisa keluar tanpa operasi gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas Kiki, ikutan berbagi ya.
      Batu ginjal saya ukuran 0,9 x 2 cm keluar lewat urin jam 12 setelah minum batugin jam 10. Alhamdulilah...

      Delete
    2. Batugin itu jenis obat apa yaa mas..??

      Delete
    3. Mas Kaka saya mau d operasi Minggu ini tapi dia msh takut, emang bener mas operasi y d masukan selang lewat alat vital y ,apa gimana y terima kasih

      Delete
  19. Saya juga batu ginjal ukuran 2,3 tapi belum disaranin operasi mas, dari 2016 sampe sekarang cuman obat" an aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas coba dengan herbal seperti kumis kucing, batugin, dll dulu,, tapi rutin dicek didokter penyakit dalam apakah tambah membesar atau tidak untuk amanya

      Delete
    2. eswl aja mas, plus herbal daun tempuyung ,kumis kucing dan alpukat, saya batu staghorn ginjal kiri 2 cm alhamdulillah bersih setelah 2 x eswl dibantu ramuan2 herbal

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  20. Mas, yg ditangung benar bpjs 75%? Bapak saya sdg dirawat, batu ginjal dan mendapat hak kelas 1. Tt
    p naik kelas vip krn kelas 1 penuh. Diinfo oleh pwtugas bpjs bahwa 75% pembayaran kami yg tanggung. Jd bpjs hanya menanggung 25% saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. BPJS sekarang sama dulu beda mbak, semakin sulit.. isu-isunya BPJS pun hutang / minus.. aku juga semakin heran, banyak orang yang mampu tapi menggunakan BPJS juga sehingga Rumah Sakit dan Phak BPJS dengan segala kebijaksanaanya melakukan tindakan demikian.. maaf mbak, next time sesuai kelas saja mbak.. cz bener, pelayanan buat peserta BPJS tidak spesial seperti dulu

      Delete
  21. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  34. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  35. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  36. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  37. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  38. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  39. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  40. suami sy jg sdh selesai operasi batu ginjal sebulan yl.. mau tanya pasca operasi apa yg hrs kita hindari.. apa sdh bisa bergerak banyak? skg ini apa sdh bisa ruku' dan sujud? krna pasca operasi kmrn msh shalat duduk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Pola makan dan minum Kak yang perlu diperhatikan. Hindari makanan dan minuman yang bisa membuat batu terbentuk kembali. Misal, lebih meminum air kemasan yang bebas dari kapur (isi ulang/galon merk tertentu dari pada merebus air dari sumur).

      Delete
  41. Teknik op yg mudah dan sangat praktis dengan URS DAN LITOTRIPSY

    ReplyDelete
  42. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  43. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  44. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  45. ...terima kasih atas berbagi pengalamannya Bang sangat berguna untuk penderita batu ginjal seperti saya.Saya juga telah melakukan operasi batu ginjal sebelah kiri.Pada bulan maret 2018 saya di usg dan ada batu ginjal namun tidak saya teruskan untuk melakukan medis selanjutnya.Saya melakukan tes laborat bulan Maret fungsi ginjal bagus namun saya menderita hipertensi asam urat yang tinggi dan kolesterol.Lalu saya minum obat untuk peluruh batu ginjal Rowatinex dan Cystone serta Renalof secara bergantian tiap bulannya.Saya tidak merasa kesakitan.Namun di bulan oktober 2018 saya merasa gampang capek dan jika malam seperti flu.Lalu saya ke urologi untuk tindakan medis dan setelah melalui usg ada batu ginjal kiri ukuran tidak beraturan.Padahal dulu waktu bulan Maret 2018 bentuk batu beraturan namun ukuran sangat besar.Lalu urologi meminta CT Scan dan test laborat hasilnya batu ginjal kiri ukuran 4.8 x 3.7 cm yang terbesar dan lainnya dibawah ukuran itu dan dinyatakan multi ( banyak ).Setelah itu saya dinyatakan operasi terbuka ( nah ini saya merasa sangat dibantu oleh tulisan Abang Didit ) makanya saya tegar dan siap untuk melakukan operasi.Dari perjalanan menemui urologi banyak teman2 yang menderita batu ginjal karena ditembak banyak yang tidak tuntas dan malah menimbulkan rasa sakit.Makanya saya lebih yakin untuk melakukan operasi terbuka.Saya memakai BPJS klas 1 rawat inap 4 hari ( dengan hasil batu yang sangat banyak dengan bulatan2 kayak kedelai dan yang paling besar sebesar ibu jari kaki ada 3 buah ).Setelah di rumah seminggu kontrol saya merasa sakit di kandung kemih saya merasa ada batu yang turun dan bersarang disana.Kencing saya ada darah.Lalu saya coba minum obat peluruh batu ginjal Renalof lagi dan alhamdullilah memang ada sisa2 yang mulai keluar sebesar biji beras dan saya bantu dengan minum banyak air putih.Lalu karena saya kwatir masih ada sisa setelah 2 minggu pasca operasi saya minta urologi untuk melakukan evalusi ulang dengan test laborat dan usg lagi dengan hasil ginjal kanan kiri ureter dan prostat dinyatakan tidak ada kelainan.Alhamdullilah sudah clean dari batu ginjal.Karena saya menggunakan BPJS maka dari awal sampai semua proses pasca operasi sampai sembuh alhamdullilah tidak ada biaya sama sekali alias free.Urologi menyarankan untuk meneruskan minum obat Cystone 1x sehari karena analisa batu ginjal saya semua dari asam urat dan disarankan untuk cek urologi paling tidak 6 bulan sekali.
    Begitulah pengalaman saya dan saya sangat berterima kasih kepada Bang Didit atas pengalaman yang dibagikan dan terima kasih kepada BPJS karena sangat membantu penyembuhan batu ginjal saya...!!!

    ReplyDelete
  46. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  47. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  48. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  49. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  50. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  51. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  52. Saat ini ginjal saya sedang tetasa sakit mas, ada konkremen (endapan2 tipis)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masih nyeri2 sedikit, mungkin perlu di-scan dan periksan ke dokter sebelum semakin parah. Mungkin, sambil jalan bs minum Batugin dsb. Semoga lekas membaik.

      Delete
  53. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  54. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  55. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  56. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  57. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  58. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  59. ada yg tahu Rumah Sakit mana aja disurabaya yg bisa operasi PCNL dan dicover oleh BPJS ?? minta tlong infonya teman” semua..terimakasih��

    ReplyDelete
  60. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  61. Mas,mau tanya.saya habis dilaser batu ginjal dan dipasang selang antara ginjal sama kandung kemih krn kakuran kencing saya sempit.wan urine dan lainnya udah oke tp selang sebulan hbs operasi nafsu makan berkurang dan bb saya selama satu bulan berkurang 5kg.apakah emg seperti itu ya??terimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasca operasi, BB saya juga menurun Mb Septi. Itu normal di awal2.

      Delete
  62. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  63. Tu gimna y saya juga ada batu ukuran 3.5 cm dan ada pemvengkakan ginjal grade 4 tkut masihvd operasi jd pke jamu2 an

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dulu pakai jamu2an, tp karena sudah terlalu besar dan keras, tidak bisa hancur, akhirnya operasi.. Semoga lancar Kak

      Delete
  64. Mas didit apakah dengan operasi terbuka aman mas. Saya mau tunda operasi tp tkut bingung ginjal sdh bengkk grade 4 batuny sudh ukuran 3. 7 cm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut saran dari dokter urologinya saja Pak/Bu. Sejauh ini operasi terbuka masih aman sampai saat ini

      Delete
  65. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Literasi, Gender, dan Inklusi Sosial

 "Literasi memang bermuara pada bahasa. Kita mengetahui konsep-konsep tertentu karena bahasa. Hanya saja, literasi tidak berhenti di ba...