Beda tugas akhir (final project) mahasiswa tingkat Sarjana (S-1), Magister (S-2), dan Doktoral (S-3)

Assalamu'alaikum Wr Wb.

Setelah hampir enam tahun lamanya, saya membuka kembali blog ini. Kali ini saya akan share sedikit perbedaan pokok tentang skripsi (S-1), tesis (S-2), dan disertasi (S-3) umumnya dalam penelitian linguistik maupun pendidikan bahasa. Mudah-mudahan bisa membantu :) . Maaf ya teman-teman, saya pakai bahasa campur-campur, mudah-mudahan bisa dipahami. ✌

Difference between S1, S2, S3.      

S1 = to describe (what they observe/investigate, shorter period) from the word script

2.     S2 = not only description, but also statement/opinion, classifying, levelnya memberikan saran kepada pembaca dan pihak-pihak tertentu.

3.      S3 = not only classifying, you should

formulate/innovate/and create something new. Mahasiswa S-3 dalam mengerjakan tugas akhir harus mempunyai daya inovasi dan imaginasi yang tinggi/memberikan produk yang bisa didesiminasi. (not only one or two variables, tp bisa bermacam-macam, mempunyai daya beda, dll).

Contoh;
The football court is green (S-1)
The football court is analysed that not all the grasses are green (disebutkan klasifikasinya & memberi suggestions that the grass can be grown better with something... (S-2)
Memberikan formula/model/pendekatan/strategi obat/penyubur, dll (S-3)

Mudah-mudahan bisa sedikit mencerahkan^^

Adapted from Prof. Sri Wuli Fitriati in the matriculation class, 27/08/2022









No comments:

Post a Comment

Literasi, Gender, dan Inklusi Sosial

 "Literasi memang bermuara pada bahasa. Kita mengetahui konsep-konsep tertentu karena bahasa. Hanya saja, literasi tidak berhenti di ba...