GEGURITAN = SAPA TEMEN BAKAL TINEMU

Puisi / Sajak (Geguritan = bahasa jawa) ini saya dapatkan ketika mendengarkan malam pentas seni budaya pendidikan karakter siswa siswi SMK se provinsi jawa tengah melalui pramuka setelah api unggun dimana tiap ambalan (nama kelompok dalam pramuka) menampilkan pentas seni, bagus lagi bertema mengenai budaya. Hal ini bagus untuk mempertahankan kearifan lokal yang mulai ditinggalkan dan semua hal yang ditampilkan pada malam saat itu cukup edukatif, By the way, mengenai budaya perlu ditekankan lagi bahwasanya semua bisa dikatakan budaya meskipun itu baik dan buruk. Oleh karenanya, banyak orang yang menganggap kebodohan mereka mempertahan budaya tertentu, warisan "golek jare adol ndean" / kata-kata orang terdahulu terlalu dipaksakan atau hal hal yang sangat bertolak belakang dengan keimanan masing-masing dengan mensejajarkan budaya konyol dengan kearifan lokal itu terlalu tinggi sekali untuk disebut kearifan lokal,contoh: ......, mmm (bahaya nanti dikira SARA), contoh yang lain saja, misal, budaya korupsi yang memang susah sekali untuk ditolak, bagi para penerima kesempatan (btw perlu nggak sih budaya semacam itu di pertahankan? kamu mau budaya tersebut dilestarikan dan disebut salah satu kearifan lokal?). Eh malah nglantur, maaf hehe, kembali ke topik. Banyak pertunjukan malam itu yang berupa drama, tarian, nyanyian, puisi, monolog dlsb yang bisa membuat bibir ini melebar dan tertawa. Tapi puisi / geguritan bahasa jawa dari salah satu peserta bernama Putri Pertiwi yang satu ini masuk ke ruang kalbu saya yg berisi ribuan bahkan jutaan ruang dan mengetuk beberapa ruang, kembali ke masa-masa itu, masa-masa sekolah saya, saya tanya tentang originalitas karyanya kemudian minta naskahnya dan saya ketik ulang. Ok, silahkan coba di interpretasikan sendiri. Here you are;


SAPA TEMEN BAKAL TINEMU
Dening: Putri Pertiwi (Magelang)

Ngudi ngelmu iku wigati
Apa maneh tumprape jaman saiki
Ananging nora kabeh titah
Bisa nyecep ngrasakake rasane sekolah

Kaya ta aku iki
Kang mung wong cilik oglak aglik, ringkih
Kaya kapuk kang kabur, merga sumiliring angin
Ananging Sajroning manah
Aku tetep mantep sumarah marang Gusti
Bakal nemoni sekar kaendahaning bawana

Saben wayah isuk kudu enggal tangi
Nyaingi jago kang wiwit kluruk
Wancine wengi kanthi pepadange senthir teplok
Madangake soca kang lerep lerep maca tulisan ilmune ndonya

Saben mangkat lan bali sekolah
Mangsa udan tanpa payung kang ngalangi raga
Saka tirta kang tiba saka langit
Anyes ! Atis !
Krasa remuk tembus ing balung sum-sum

Ing mangsa ketiga
Nalika bathara surya madangi jagat
Murka !
Kang gawe umuping bathuk lan mbrodoli ritma
Lesu ! Ngelak !

Ananging kuwi kuwi sing dadi pecut
Kanggo nglakokake gegayuhan iku
Jebul pancen bener sesanti sapa temen bakal tinemu
Kabukti !
Saiki aku bisa ngrasakake surgane ndonya
Panas wis ora kepanasan
Udan wis ora kudanan

Anaging aku ora bakal lali pesene Bapa, Biyung
Urip iku cakra manggilingan
Tetep kudu andhap tetep kudu sareh
Supaya ayem tentrem
Slamet ing ndonya lan akhirat



No comments:

Post a Comment

Beda tugas akhir (final project) mahasiswa tingkat Sarjana (S-1), Magister (S-2), dan Doktoral (S-3)

Assalamu'alaikum Wr Wb. Setelah hampir enam tahun lamanya, saya membuka kembali blog ini. Kali ini saya akan share sedikit perbedaan po...